7 Tanda Bahwa Kalian Harus Pindah Jurusan

Salah satu momen yang paling menyakitkan dalam hidup adalah ketika kita menyadari bahwa jurusan kuliah kita tidak memacu semangat kita untuk berkembang. Kemudian akhirnya kita sadar bahwa itu merupakan salah satu tanda untuk harus segera pindah jurusan.

Jika dipikir-pikir, agak aneh bahwa ketika calon mahasiswa daftar kuliah pada usia 18 tahun, mereka harus memutuskan apa yang ingin mereka lakukan selama sisa hidup mereka. Di Indonesia, sebagian besar kampus mewajibkan calon mahasiswanya untuk memilih jurusan sebelum mendaftar. Padahal tidak sedikit di antara mereka yang tidak punya gambaran sama sekali mengenai masing-masing jurusan dan bidang karir yang akan mereka geluti sepanjang hidup mereka.

Akibatnya, beberapa orang mungkin memutuskan di tengah-tengah masa kuliah mereka bahwa jurusan mereka tidak lagi menarik dan mereka pun gamang antara melanjutkan kuliah atau pindah jurusan. Buat kalian yang penasaran, berikut ini adalah 9 tanda bahwa kalian harus pindah jurusan.

Kalian Merasa Tidak Tertarik dengan Materi Perkuliahan

Jika kalian tidak tertarik dengan kelas yang kalian ambil, itu alasan yang cukup untuk mencari di tempat lain. Kalian mungkin tidak terlalu tertarik dengan sekolah, karena di sekolah kebanyakan hanya pendidikan yang sifatnya umum. Tapi perkuliahan merupakan dunia yang jauh berbeda. Perkuliahan bukan hanya sebuah pos pemeriksaan, kampus adalah tempat untuk mengeksplorasi dan menemukan gairah hidup kalian. Jika kalian merasa lebih baik mempelajari hal lain, tidak ada salahnya untuk mengikuti dorongan itu.

Nilai Kalian Tidak Kunjung Membaik Sejak Awal Kuliah

IP dan IPK memang bukan parameter kepintaran atau kecerdasan. Tapi IP dan IPK adalah bukti keseriusan kita dalam menjalani perkuliahan. Orang-orang yang IPK-nya sangat rendah (2,5 ke bawah) itu bukan orang yang bodoh. Tapi seringkali adalah orang-orang yang tidak semangat dalam menjalani perkuliahan.

Karena tidak ada semangat, akhirnya tidak terlalu menyimak pemaparan dosen. Karena tidak menyimak pemaparan dosen, akhirnya tidak paham materi. Karena tidak paham materi, akhirnya tidak semangat mengerjakan tugas. Karena tidak semangat mengerjakan tugas, akhirnya tugas yang dikumpulkan apa adanya. Dan karena nilai tugas tidak bagus, akhirnya IP rendah. Begitulah kurang lebih siklusnya.

Baca Juga  10 Jurusan Paling Diminati di SBMPTN UNJ

Jadi, buat kalian yang IPK-nya tidak sampai 2.5 setelah menjalani 2 tahun perkuliahan, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk pindah kuliah. Karena 2 tahun merupakan masa yang lebih dari cukup untuk mengukur seberapa serius kita dalam menjalani perkuliahan.

Jurusan Kalian Tidak Sesuai dengan Karir Impian Kalian

Jika kalian merasa jurusan yang kalian tempuh sekarang tidak bisa membawa kalian menuju karir yang kalian impikan, tidak ada salahnya untuk coba memikirkan opsi untuk pindah jurusan. Apalagi jika perjalanan kuliah kalian masih sebentar.

Karena ada beberapa profesi yang hanya menerima sarjana dari jurusan tertentu. Jadi, kalau memang karir yang kalian inginkan termasuk yang mengharuskan gelar tertentu, ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk pindah jurusan kalau memang jurusan kalian yang sekarang tidak cocok untuk mengejar karir yang kalian impikan.

Jurusan Kalian Tidak Sesuai dengan Minat Kalian

Masa perkuliahan merupakan momen paling tepat untuk mengembangkan minat. Karena di perkuliahan, kita memiliki cukup keleluasaan. Mulai dari memilih kampus, memilih jurusan, memilih mata kuliah, memilih jam kuliah.

Maka dari itu, sangat disayangkan jika masa kuliah tidak bisa dimaksimalkan untuk mengembangkan minat. Karena ketika masuk dunia kerja, waktu kita akan terkuras habis untuk bekerja.

Untuk masalah minat ini ada dua opsi. Pertama kalian pilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian. Atau opsi kedua, kalian pilih jurusan yang kalian rasa bisa kalian jalani dengan mudah. Sehingga kalian punya cukup waktu untuk mengembangkan minat di sela-sela perkuliahaan

Kalian Sering Absen

Masuk kelas adalah parameter paling dasar mengenai keseriusan kita dalam menjalani kuliah. Makanya hampir semua universitas menggunakan persentase kehadiran sebagai bagian dari penilaian dan persyaratan untuk bisa mengikuti UAS.

Kalau untuk hal yang sesederhana masuk kelas saja sudah tidak ada semangat, apalagi semangat untuk mengerjakan tugas. Kalau persentase kehadiran kalian di semua kelas yang kalian ambil tidak sampai 80 persen, ada baiknya kalian mulai mempertimbangkan opsi untuk pindah jurusan.

Kalian Sering Tidak Mengumpulkan Tugas

Jika absensi adalah ukuran paling dasar keseriusan kita dalam menjalani kuliah, maka mengerjakan tugas adalah parameter keseriusan yang selanjutnya. Tugas kuliah selain bertujuan untuk mengukur kemampuan juga merupakan tolok ukur keseriusan kita dalam menjalani perkuliahan.

Baca Juga  10 Alasan Kuliah di Teknik Elektro

Sering tidak mengumpulkan tugas itu bisa berarti 2 macam. Yang pertama, kalian memang tidak bisa. Yang kedua, kalian memang tidak ada semangat untuk mengerjakannnya. Jika kalian tidak bisa, solusinya adalah bertanya kepada teman yang lebih paham. Tapi jika ternyata kalian juga tidak kunjung paham materi setelah lebih dari 2 semester kuliah, bisa jadi ini merupakan tanda kalau kalian harus pindah jurusan.

Begitupun jika ternyata kalian sebenarnya paham materi, tapi kalian tidak ada semangat untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas. Bisa jadi itu merupakan sinyal bahwa jurusan kalian yang sekarang memang bukan jurusan yang kalian inginkan.

Kuliah Kalian Sering Mengganggu Kesehatan Badan dan Mental Kalian

Jika tugas kuliah kalian berdampak besar pada kehidupan sosial kalian dan kalian sampai kehilangan teman dan kewarasan, mungkin inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali pilihan jurusan kalian. Jika demikian, carilah konselor melalui Layanan Kesehatan Mahasiswa untuk memastikan kalian mendapatkan dukungan yang memadai. Kemudian ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk keluar dari situasi yang menyebabkan kalian stres.

Itu tadi beberapa di antara tanda bahwa kalian harus pindah jurusan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian yang sedang kuliah dan merasa kebingungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!