Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Jurusan Komunikasi

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di banyak kampus negeri di Indonesia. Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang begitu luas adalah salah satu alasan kenapa jurusan yang satu ini sangat diminati. Apalagi di zaman teknologi seperti sekarang ini. Di mana media terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang prospek kerjanya sangat luas. Karena semua bidang usaha membutuhkan komunikasi agar bisa berkembang. Baik itu usaha skala kecil maupun skala besar.

Kita sekarang hidup di era teknologi informasi. Di mana kita dituntut untuk menggali dan memproses data. Gelar sarjana ilmu komunikasi dirancang untuk membantu Anda belajar berbagi informasi melalui berbagai metode.

Keterampilan komunikasi yang kuat dan efektif adalah aset yang tak ternilai di hampir semua industri. Gelar dalam komunikasi dapat membuka pintu untuk karir di berbagai bidang.

Berikut ini adalah beberapa di antara prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi.

Jurnalis

Dengan bekal kemampuannya dalam mengolah informasi ke dalam berbagai macam media, lulusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk menjadi seorang jurnalis. Baik itu jurnalis media cetak, radio, televisi, bahkan media kontemporer seperti halnya portal berita maupun channel berita digital. Karena jurnalis pada dasarnya adalah komunikator profesional. Mereka menceritakan kisah menarik tentang dunia dan membuatnya mudah dibaca, menarik dan penting bagi pembaca atau pendengar.

Selain sebagai jurnalis yang berada di garda terdepan untuk meliput dan membuat reportase secara langsung, seorang lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi editor maupun produser yang bekerja di balik layar sebuah media.

Hubungan Masyarakat (Public Relation Specialist)

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi adalah sebagai pekerja di bidang public relation. Yang mana tugasnya adalah mengembangkan strategi untuk membentuk persona seseorang maupun perusahaan di berbagai macam media. Selain itu, pekerja di bidang public relation juga bertugas untuk mengatasi krisis komunikasi yang terjadi ketika sewaktu-waktu klien atau perusahaan mengalami masalah yang mengancam kepercayaan publik.

Manajer Komunikasi

Dengan bekal kemampuan dan pengetahuan berkomunikasi yang baik, seorang lulusan jurusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi seorang manajer komunikasi. Yang tugasnya adalah untuk melakukan koordinasi di antara para staf komunikasi untuk mengembangkan narasi dari organisasi atau perusahaan ke publik. Untuk itu, seorang manajer komunikasi harus mengetahu secara detail seluk beluk perusahaan, visi, misi, produk atau jasa dari perusahaan. Untuk selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam mengembangkan strategi komunikasi yang tepat.

Manajer Pemasaran

Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi selanjutnya adalah sebagai manajer pemasaran. Yang mana tugasnya adalah untuk membuat strategi pemasaran bagi organisasi atau perusahaan. Untuk menjadi seorang manajer pemasaran, seorang lulusan ilmu komunikasi harus mampu menganalisa target pasar, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, serta kreativitas yang tinggi guna mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, efektif, dan efisien.

Media Sosial dan Digital

Munculnya media digital telah mengubah cara kita berkomunikasi dan mengkonsumsi informasi. Karenanya lulusan ilmu komunikasi sangat cocok untuk bekerja di industri ini. Karena bekerja di industri ini berarti memanfaatkan jejaring sosial, platform berita online, dan teknologi digital lainnya untuk menyebarkan pesan perusahaan.

Sebagai pengelola media sosial atau perencana media digital, kalian biasanya akan ditugaskan untuk:

  • Menjalankan akun media sosial perusahaan
  • Mengembangkan strategi konten digital
  • Memanfaatkan elemen visual untuk menceritakan kisah merek
  • Merancang kampanye digital
  • Melakukan komunikasi publik secara online

Tips untuk mendapatkan pekerjaan di bidang social media dan digital: Kuasai platform media sosial dan digital sebaik mungkin. Selain itu, penting juga untuk memiliki pengetahuan tentang praktik terbaik pengoptimalan mesin pencari (SEO) di masing-masing platform.

Industri Media

Fokus utama sektor media adalah untuk berkomunikasi, baik untuk tujuan pendidikan maupun hiburan. Maka dari itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi akan sangat pas untuk bekerja di bidang ini. Industri media sendiri sangat bervariasi. Karena media ada berbagai macamnya. Mulai dari televisi, film, radio, dan beberapa media yang lain.

Sebagai pekerja di bidang media, kalian nantinya akan ditugaskan untuk:

  • Menyajikan informasi baik secara verbal maupun visual
  • Melakukan wawancara dengan berbagai macam narasumber
  • Melakukan pemberitaan secara langsung dari lapangan
  • Menggabungkan elemen audio dan visual untuk menceritakan kisah dengan lebih menarik

Tips untuk mendapatkan pekerjaan di bidang media: Selain bermodalkan gelar sarjana di bidang ilmu komunikasi, bangun pengalaman berharga dengan menjadi sukarelawan di stasiun radio atau televisi sekolah Anda. Atau jika kalian merasa sudah cukup mampu, kalian bisa mencoba untuk kerja lepas waktu atau magang di radio lokal atau industri media lokal yang ada di sekitar lingkungan kalian.

Bidang Pemasaran

Bidang pemasaran dan periklanan merupakan salah satu lini utama bisnis. Karena sebaik apapun produknya, kalau tidak dipasarkan dengan baik tidak maka tidak akan ada orang yang tahu. Maka dari itu, bidang pemasaran merupakan salah prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi.

Karena untuk membangun identitas merek, mengembangkan basis pelanggan, dan meningkatkan keuntungan, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik.

Sebagai pekerja di bidang pemasaran atau periklanan, kalian nantinya akan ditugaskan untuk:

  • Melakukan riset pasar
  • Memantau tren pasar
  • Mengembangkan strategi pemasaran dengan tim penjualan
  • Berkolaborasi dengan tim produksi untuk melakukan pengembangan produk
  • Memproduksi konten untuk berbagai macam media pemasaran

Perencana Acara (Event Planner)

Koordinasi dan perencanaan acara membutuhkan banyak koordinasi dan komunikasi dengan tim staf dan vendor. Apakah itu untuk festival, konferensi, pernikahan, atau akomodasi wisatawan, komunikasi adalah salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah acara. Untuk itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah kandidat yang sangat baik untuk posisi tersebut. Karena keterampilan berorganisasi dan berkomunikasi merupakan materi utama yang diajarkan di jurusan ilmu komunikasi.

Agen Properti

Meskipun tampaknya tidak terkait langsung, agen properti yang memiliki gelar di bidang komunikasi memiliki keunggulan dibandingkan sesama agen yang lain. Karena seorang lulusan ilmu komunikasi sudah dibekali dengan kemampuan komunikasi dan keterampilan interpersonal yang memungkinkan mereka untuk memasarkan produk properti dengan baik kepada klien.

Pemasar Digital (Digital Marketer)

Pemasaran digital merupakan promosi produk dan layanan melalui berbagai saluran digital, menggunakan internet dan teknologi seluler. Sebagai seorang pemasar digital, lulusan ilmu komunikasi akan terlibat dalam mengembangkan strategi komunikasi multi-saluran bagi organisasi maupun perusahaan.

Termasuk di dalamnya adalah meneliti peluang media online baru yang dapat menguntungkan bisnis termasuk seluler, media sosial, pengembangan blog, forum, desain banner situs web. Selain itu, seorang pemasar digital juga bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan klien, jaringan afiliasi, dan mitra afiliasi, melakukan penelitian kata kunci dan pelaporan statistik web, serta berkontribusi pada engagement di media sosial.

Peneliti Program dan Media

Sebagai peneliti program, Anda akan memberikan dukungan kepada produser dan tim produksi televisi, radio, film, atau proyek online. Anda akan mencari kontak dan kontributor untuk program, serta memberikan ide Anda sendiri dan bekerja di lokasi. Beberapa peneliti media juga membantu pembuatan film atau rekaman suara.

Selain itu seorang peneliti program juga bertanggung jawab atas pengorganisasian, perencanaan dan penelitian segala sesuatu yang akan terjadi selama program. Ini termasuk mengumpulkan dan memverifikasi informasi, seperti siapa yang akan diwawancarai, lokasi, apakah kru film akan muat, apakah anggaran akan bertambah, dan sebagainya. Anda juga bertanggung jawab untuk memeriksa fakta, menulis ringkasan untuk presenter, dan memastikan bahwa produksi mematuhi undang-undang yang sesuai agar tidak terjerat masalah hukum di kemudian hari.

Peneliti Pasar (Market Researcher)

Sebagai peneliti pasar, Anda akan mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi untuk disajikan kepada klien Anda. Informasi yang Anda berikan membantu mereka membuat keputusan di bidang politik, sosial, maupun ekonomi.

Sebagai seorang peneliti pasar, kita mungkin akan bekerja di dalam sebuah perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang opini pelanggan, investasi dan tren pemasaran. Tapi jika kalian kurang suka bekerja dalam perusahaan, kalian bisa menjadi seorang peneliti pasar lepas. Dengan melakukan penawaran jasa penelitian pasar untuk berbagai macam klien dari berbagai macam industri.

Penulis Teknis (Technical Writer)

Penulis teknis adalah orang yang bertanggung jawab untuk menulis informasi spesialis tentang produk dan layanan, beserta cara kerjanya. Anda perlu menjelaskan bagaimana sesuatu digunakan dengan cara yang mudah dimengerti. Informasi dapat disajikan dalam bentuk panduan pengguna untuk aplikasi perangkat lunak, referensi dan instruksi manual, panduan pelatihan, maupun video instruksional.

Untuk menjadi penulis teknis, kita harus memahami produk atau aplikasi dengan baik lebih dulu baru kemudian merancang dan menulis dokumentasi untuk menjelaskannya kepada pengguna. Dokumentasi dan penjelasan bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari demo perangkat lunak dan tutorial interaktif, wiki, blog, podcast, video tutorial, ilustrasi, dan juga grafik.

Itu tadi beberapa di antara prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi. Buat kalian yang ingin kuliah, pastikan kalian benar-benar mengetahui seluk beluk jurusan yang ingin kalian tuju. Karena perkuliahan merupakan fase transisi antara masa remaja dengan masa remaja. Antara masa SMA dengan dunia kerja. Maka dari itu, harus dipikirkan secara matang agar tidak muncul penyesalan di kemudian hari.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

%d bloggers like this: