10+ Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peluang dan prospek kerja jurusan Psikologi.

Sampai saat ini, masih tidak sedikit orang yang berpikir bahwa gelar sarjana dalam bidang psikologi hanya berguna sebagai prasyarat untuk gelar master atau doktor dalam bidang psikologi. Ini tidak benar. Benar bahwa gelar sarjana di bidang psikologi bisa menjadi batu loncatan yang bagus menuju gelar sarjana, tetapi dapat diterapkan pada beberapa jalur karir selain psikologi.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, gelar sarjana di bidang psikologi itu multiguna. Karena ilmu yang didapat dari jurusan Psikologi dapat diterapkan ke sejumlah besar disiplin ilmu yang lain. Maka dari itu, seorang sarjana Psikologi bisa bekerja di berbagai bidang dan jenis profesi.

Prospek Kerja Lulusan Psikologi Secara Umum

Sebagian besar lulusan Psikologi bekerja di bidang pelayanan, SDM (HRD), serta bidang sosial. Karena dengan bekal ilmu dan pengalamannya selama di perkuliahan, seorang lulusan Psikologi sangat cocok untuk terjun di bidang yang berhubungan langsung dengan interaksi antar manusia.

Sementara beberapa pekerjaan yang menjadi ciri khas lulusan jurusan Psikologi adalah: psikolog, konselor karir, konsultan pendidikan, teknisi psikiatri, serta spesialis rehabilitasi. Semua pekerjaan tersebut membutuhkan keterampilan yang diberikan oleh gelar sarjana psikologi. Seperti halnya kemampuan untuk menganalisis kebutuhan klien, membuat arsip data secara akurat dan terorganisir, mengekspresikan empati dan kasih sayang, serta bekerja demi kepentingan terbaik klien.

Gelar sarjana psikologi memberikan pelatihan dalam sejumlah keterampilan yang dapat diterapkan pada banyak pekerjaan dan disiplin ilmu. Saat tiba masanya mencari pekerjaan, pengalaman tersebut akan sangat membantu untuk membuat daftar keterampilan yang bisa menarik perhatian calon pemberi kerja. Karena salah satu pertanyaan paling umum ketika wawancara adalah: “Apa kekurangan dan kelebihanmu?”

Buat kalian yang berminat untuk masuk jurusan psikologi, berikut ini adalah beberapa peluang dan prospek kerja bagi seorang lulusan jurusan Psikologi.

Psikolog

Prospek kerja pertama bagi lulusan psikologi adalah sebagai psikolog. Psikolog memeriksa fungsi perilaku dan kepribadian manusia. Tidak seperti profesi lain, psikologi menciptakan peluang untuk bekerja di berbagai lingkungan. Tanggung jawab pekerjaan khusus bervariasi menurut spesialisasi atau industri. Misalnya, psikolog sekolah bekerja dengan remaja di lingkungan pendidikan, sementara psikolog industri-organisasi hanya bekerja dengan orang dewasa di lingkungan perusahaan.

Konselor Pendidikan

Konselor sekolah dapat memanfaatkan gelar sarjana psikologi mereka dengan baik dengan mendukung siswa mengembangkan keterampilan akademik dan sosial yang kritis, serta mengatasi tekanan dari kehidupan sekolah dan rumah. Empati dan keterampilan mendengarkan kalian akan dimanfaatkan dengan sangat baik saat kalian membimbing siswa menuju kehidupan dan karier dewasa yang sehat. kalian juga dapat dipanggil untuk melayani sebagai sistem pendukung pada saat trauma, menawarkan konseling kepada siswa, orang tua, dan masyarakat luas jika perlu.

HRD

Bekerja di bidang HRD atau SDM seringkali membutuhkan banyak kesabaran, empati, dan pemahaman tentang perilaku dan motivasi pribadi yang berbeda. Dengan demikian, ini adalah salah satu pekerjaan terbaik bagi lulusan jurusan Psikologi.

Sebagai pegawai di bidang HRD, kalian akan bertanggung jawab untuk mengoordinasikan personel dan fungsi administratif perusahaan. Termasuk praktik perekrutan, pemecatan, tunjangan perusahaan, gaji karyawan, kepatuhan terhadap peraturan, dan mediasi setiap masalah antar pekerja yang ada di kantor.

Baca Juga  3 Jenis Konsumen yang Wajib Diketahui

Teknisi Psikiatri

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan psikologi adalah sebagai teknisi psikiatri. Para profesional ini menawarkan dukungan terapeutik kepada pasien dengan berbagai kondisi atau kecacatan mental, emosional, dan perilaku, biasanya di bawah pengawasan psikiater berlisensi. Sebagai seorang teknisi psikiatri, kalian dapat memberikan obat-obatan, memimpin kelompok pasien dalam kegiatan rekreasi, menangani penerimaan dan pemulangan, dan membantu tugas hidup sehari-hari sesuai kebutuhan.

Spesialis Rehabilitasi

Spesialis kadang juga disebut sebagai konselor rehabilitasi. Seorang spesialis rehabilitasi adalah seorang yang bertugas membantu pasien dengan cacat perilaku, psikologis, perkembangan, atau lainnya. Sebagai seorang spesialis rehabilitasi, kalian akan membantu mereka dengan tugas-tugas yang pada akhirnya akan membuat mereka dapat hidup mandiri. Dan kalian mungkin juga bertanggung jawab untuk mengoordinasikan rencana perawatan mereka antara beberapa profesional medis atau kesehatan mental.

Meskipun gelar sarjana dalam konseling rehabilitasi atau studi disabilitas sering diterima untuk posisi entry-level, banyak spesialis rehabilitasi melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dalam psikologi dan menjadi terapis rehabilitasi berlisensi.

Analis Perilaku

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan psikologi adalah sebagai seorang analis perilaku. Pekerjaan analis perilaku sering dikaitkan dengan perawatan pasien autisme, ODGJ, maupun pelaku kriminal. Analis perilaku menggunakan keahlian mereka dalam sains dan psikologi perilaku manusia untuk mengobati berbagai gangguan perilaku, sosial, atau komunikasi. Tujuan mereka sering untuk memahami bagaimana pasien mereka berinteraksi dengan lingkungan di sekitar mereka dan menerapkan perubahan yang meningkatkan interaksi sehari-hari tersebut.

Sales Representative

Karier periklanan sering melibatkan pengembangan iklan persuasif dan meneliti audiens target untuk membuat pesan produk. Lulusan psikologi sangat cocok untuk hampir semua karir periklanan karena ilmu persuasi dan penelitian adalah topik utama dari jurusan sarjana ini.

Program psikologi sarjana membantu siswa memperoleh berbagai keterampilan interpersonal, yang kemudian dapat digunakan dalam berbagai posisi penjualan dan pemasaran. Jika kalian tertarik untuk bekerja di bidang ini, ikuti kelas yang akan meningkatkan pemahaman kalian tentang orang dan perilaku manusia. Kursus dalam psikologi sosial, kepribadian, dan komunikasi bisa sangat bermanfaat.

Karier periklanan sering melibatkan pengembangan iklan persuasif dan meneliti audiens target untuk membuat pesan produk. Lulusan psikologi sangat cocok untuk hampir semua karir periklanan karena ilmu persuasi dan penelitian adalah topik utama dari jurusan sarjana ini.

Konselor Karir

Seorang konselor karir tujuan kalian adalah untuk membantu siswa berorientasi karir dan pencari kerja menemukan potensi mereka. Bekerja sebagai konselor karir kalian akan membantu orang melakukan penilaian diri, menemukan karir, membuat perubahan karir atau rehabilitasi kejuruan. Tidak hanya menjadi konselor karir yang memuaskan, lulusan psikologi secara unik memenuhi syarat untuk membantu individu dalam proses penemuan karir – karena sebagian besar penemuan karir melibatkan penemuan diri.

Tenaga Pengasuhan Anak

Produktif gelar dalam psikologi memungkinkan lulusan untuk bekerja secara langsung dalam psikologi dengan menjadi pekerja perawatan parsial dalam pengaturan kesehatan mental seperti penitipan anak. Pekerja penitipan anak bekerja di penitipan anak, program setelah sekolah, dan tempat penitipan anak lainnya.

Baca Juga  Suka Duka Bekerja Secara Remote

Asisten Laboratorium

Mengejar karir sebagai asisten laboratorium adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan gelar sarjana psikologi dengan baik. Asisten laboratorium sangat terlibat dalam penelitian dan psikologi eksperimental, dua mata pelajaran yang tercakup dalam program psikologi sarjana saya. Asisten lab psikologi sering bekerja di lembaga pemerintah, program psikologi universitas, dan bisnis sektor swasta yang mempelajari perilaku manusia.

Peneliti Pasar

Meraih gelar sarjana dalam bidang psikologi merupakan persiapan yang baik untuk berkarir sebagai peneliti pasar. Karena mahasiswa psikologi berpengalaman dalam analisis statistik dan metodologi ilmiah. Yang mana itu merupakan keterampilan yang berguna dalam melakukan tugas penelitian termasuk mengumpulkan dan menganalisis data, melakukan wawancara, dan melakukan jajak pendapat.

Petugas Percobaan dan Pembebasan Bersyarat

Jurusan psikologi juga memenuhi syarat untuk mengejar karir di bidang peradilan pidana. Faktanya, lulusan psikologi sangat cocok untuk berkarir sebagai petugas masa percobaan dan pembebasan bersyarat. Petugas masa percobaan dan pembebasan bersyarat mengawasi dan bekerja dengan individu yang dihukum karena kejahatan. Mereka memantau narapidana, melacak perilaku, berkoordinasi dengan profesional atau terapis lain, dan membuat rekomendasi ke pengadilan.

Perwakilan Penjualan

Tidak mengherankan, banyak sarjana psikologi menemukan karir yang sukses dalam penjualan. Gelar sarjana dalam bidang psikologi membantu siswa memperoleh berbagai keterampilan komunikasi interpersonal yang secara unik memenuhi syarat mereka untuk posisi penjualan dan pemasaran. Calon majikan menyukai kenyataan bahwa banyak lulusan psikologi yang pandai berbicara dan mampu berkomunikasi secara efektif. Mereka juga memiliki pemahaman yang baik tentang perilaku manusia, yang merupakan kualitas penting dari perwakilan penjualan teratas.

Spesialis Layanan Sosial

Bakti sosial adalah hot spot bagi lulusan psikologi yang mencari peluang karir. Profesional dengan gelar sarjana psikologi dapat menemukan pekerjaan di berbagai sektor layanan sosial termasuk organisasi nirlaba dan lembaga pemerintah. Mereka yang mengejar karir dalam pelayanan sosial memberikan dukungan masyarakat, konseling klien langsung dan berbagai layanan manajemen kasus.

Tenaga Pendidik

Meraih gelar sarjana dalam bidang psikologi dan sertifikat mengajar adalah kombinasi yang bagus untuk menjadi seorang guru. Sarjana psikologi dapat menemukan pekerjaan mengajar di sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Mereka dapat mengajarkan berbagai mata pelajaran, termasuk psikologi.

Selain menjadi guru, menjadi dosen merupakan salah satu pilihan karir terbaik bagi lulusan Psikologi. Khususnya kalian yang mempunyai ketertarikan untuk mendalami ilmu psikologi. Dan memiliki bakat untuk menjelaskan materi.

Penulis

Menyelesaikan gelar sarjana dalam bidang psikologi biasanya membutuhkan banyak tulisan. Faktanya, psikologi adalah salah satu jurusan yang paling intensif menulis di samping bahasa Inggris. Lulusan psikologi dipersiapkan dengan baik untuk sejumlah karir menulis termasuk penulis teknis, laporan surat kabar, copywriter, maupun penulis fiksi. Karena semua bidang penulisan tersebut membutuhkan kepekaan sosial. Yang merupakan salah satu kualitas utama lulusan psikologi.


Itu tadi beberapa di antara prospek kerja dan peluang kerja bagi lulusan Psikologi. Selain daftar di atas, berikut ini ada daftar prospek kerja dari University of South Florida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!