7 Alasan untuk Kuliah di Teknik Industri

Jurusan Teknik merupakan jurusan yang terkenal banyak peminat. Termasuk Teknik Industri. Teknik industri sendiri merupakan jurusan kuliah yang fokusnya adalah studi tentang optimasi proses atau sistem yang kompleks. Di jurusan Teknik Industri, kalian akan mempelajari desain, perencanaan, optimalisasi proses produksi dan manufaktur, serta proses dalam industri jasa.

Bidang teknik industri telah lama dikenal sebagai sumber utama bakat manajemen. Dunia kompetitif saat ini membutuhkan manajer dan pengambil keputusan yang dapat mengkombinasikan konsep matematika dan teknik manajemen ilmiah untuk masalah teknis yang muncul. Seorang insinyur industri tidak hanya memahami masalah ini tetapi juga mampu merancang dan menerapkan metode untuk menyelesaikannya.

Secara umum, Teknik Industri itu fleksibel. Jauh lebih fleksibel dibandingkan jurusan teknik lainnya. Seperti Teknik Mesin atau Teknik Sipil misalnya. Karena di jurusan Teknik Industri, kalian dapat mengejar jalur yang lebih teknis atau lebih berorientasi manajemen. Jadi, di jurusan Teknik Industri kalian mempunyai 2 macam skill utama. Skill teknik dan skill manajemen. Yang mana keduanya sangat menunjang karir kalian setelah lulus kuliah nantinya.

Buat kalian yang sudah ada minat untuk masuk Teknik Industri tapi masih bimbang, berikut ini kami berikan 7 alasan kenapa kalian harus kuliah di Jurusan Teknik Industri.

Keilmuan di Jurusan Teknik Industri Sangat Lengkap

Tidak seperti jurusan Teknik yang lain, jurusan Teknik Industri merupakan kombinasi antara teknik dan manajemen. Jadi, buat kalian yang ingin kuliah di jurusan Teknik tapi tidak ingin terlalu mendalami teknik dan ingin mengasah kemampuan manajerial juga, jurusan Teknik Industri adalah pilihan yang sangat tepat.

Dengan kemampuan yang selengkap itu, maka kalian akan punya daya saing lebih ketika sudah lulus. Karena kalian tidak hanya punya kemampuan teknis, tapi juga punya kemampuan manajerial yang mumpuni. Apalagi buat para fresh graduate yang hendak mendaftar sebagai MT (Managemenet Trainee), jurusan Teknik Industri akan sangat cocok sekali.

Prospek Kerja Sangat Luas

Alasan kedua kenapa kalian harus kuliah di jurusan Teknik Industri adalah karena prospek kerjanya yang sangat luas. Karena fokusnya memang pada dunia industri dan manajemen, sehingga kesempatan kerja bagi lulusan Teknik Industri sangat luas.

Karena semua bidang industri membutuhkan kemampuan teknis dan manajemen yang bagus untuk bisa berkembang. Mulai dari bidang manufaktur, teknologi, perangkat keras, ritel, perawatan kesehatan, semuanya bisa ditempati oleh lulusan teknik industri. Selama ada industri dan bisnis, selama itu pula lulusan jurusan Teknik Industri akan terus relevan.

Baca Juga  Jurusan Sistem Informasi

Kesempatan Kolaborasi yang Luas

Secara umum, jurusan Teknik Industri terasa kurang teknis dibanding jurusan teknik lainnya. Karena teknik industri tidak mempelajari satu industri secara mendalam sebagaimana jurusan teknik lainnya. Sementara yang menjadi fokus di teknik industri adalah pada proses dan menemukan cara untuk meningkatkan proses.

Karena orientasinya pada proses, Teknik Industri itu sifatnya melebar. Bukan mendalam. Karena menaungi hampir seluruh bisnis dan industri. Lulusan Teknik Industri bisa bekerja sama dengan lulusan dari semua jurusan teknik lainnya. Dan itu merupakan sebuah kesempatan yang mahal. Karena tidak semua jurusan bisa dikombinasikan keilmuannya secara langsung.

Kesempatan untuk Mengolah Big Data

Kita semua tahu betapa pentingnya Big Data. Apalagi di zaman Industri 4.0. Di mana setiap bidang industri mulai menerapkan teknologi informasi untuk mengembangkan bisnisnya. Setiap perusahaan saat ini ingin membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan kumpulan data yang semakin banyak dan kompleks.

Mengingat betapa besar pengaruh analisis data dan sains terhadap bisnis, Teknik industri memberi kalian pondasi dasar untuk bekerja di domain ini. Dengan ditambah kursus dan sertifikasi tambahan, kalian nantinya akan bisa menjadi ilmuwan data yang mumpuni.

Kesempatan untuk Mengembangkan Minat dan Bakat

Alasan selanjutnya kenapa kalian harus kuliah di jurusan Teknik Industri adalah kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat. Sebagai seorang insinyur industri, kalian akan selalu memiliki pilihan untuk mengeksplorasi dan bekerja dalam peran pekerjaan yang berbeda. Ingin duduk di depan komputer melakukan analisis data mendalam? bisa. Ingin bekerja di lapangan sebagai pengontrol proses produksi? bisa. Bekerja di bidang manajemen? bisa.

Buat kalian yang suka bekerja di depan layar komputer, kalian bisa fokus di analisis data dan analisis bisnis. Ingin bekerja sambil jalan-jalan? Pertimbangkan pekerjaan teknik industri dalam peran konsultasi dan menghadapi klien. Ingin bekerja di lantai produksi melakukan pekerjaan manufaktur? Ada pekerjaan di bidang teknik logistik, teknik manufaktur, produksi, forecasting, dan masih banyak yang lainnya.

Yang jelas, apapun minat kalian, Teknik Industri tidak akan membunuhnya. Tinggal bagaimana kitanya saja. Bagaimana menyandingkan antara skill dan minat yang kita miliki.

Baca Juga  Jurusan Ilmu Komunikasi: Materi Kuliah dan Peluang Kerjanya

Kesempatan untuk Aktualisasi Diri

Masa kuliah biasanya merupakan masa-masa persimpangan bagi sesesorang. Karena ada banyak sekali pilihan dalam hidup yang harus dipilih. Mulai dari jurusan kuliah, karir, pasangan, dan lain sebagainya. Namun kenyataanya, tidak semua mahasiswa benar-benar tahu tujuan hidupnya.

Tidak jarang para mahasiswa baru menemukan tujuan dan panggilan hidupnya ketika kuliah. Entah karena ikut aktif di organisasi mahasiswa, aktif di gerakan sosial, aktif ikut lomba atau karena aktif di perkuliahan. Yang jelas, banyak mahasiswa baru menemukan panggilan hidupnya di perkuliahan.

Kelebihan kalian sebagai mahasiswa di jurusan Teknik Industri, kalian tidak perlu mengorbankan tujuan hidup kalian. Karena kelimuan yang kalian dapatkan di jurusan Teknik Industri relevan dengan semua bidang. Jadi, mau aktif di manapun kalian nantinya setelah lulus kuliah, keilmuan kalian akan terus bermanfaat. Dan kalian tidak perlu mengorbankan salah satu antara karir dan tujuan hidup. Karena kalian bisa mengombinasikan keduanya.

Gaji yang Kompetitif

Salah satu alasan kenapa kalian harus kuliah di jurusan Teknik Industri adalah karena lulusan Teknik Industri sangat berpeluang untuk mendapatkan kerja dengan kompensasi finansial yang lebih dari cukup. Karena kualitas lulusan Teknik Industri yang kelimuannya lengkap. Baik secara teknis maupun secara manajerial, tidak jarang lulusan Teknik Industri ditempatkan dalam posisi-posisi strategis di perusahaan.

The Bureau of Labor Statistics (BLS) memproyeksikan bahwa pekerjaan arsitektur dan teknik akan tumbuh sebesar 3% antara 2019 dan 2029. Namun, dalam sektor ini, BLS memproyeksikan bahwa insinyur industri akan mengalami pertumbuhan pekerjaan 10% selama periode yang sama.

Dan bicara masalah gaji, semuanya tidak bisa dilepaskan dari faktor-faktor seperti lokasi geografis, tempat kerja, dan kualifikasi individu. Tabel di bawah ini memberikan gambaran gaji untuk beberapa karir teknik industri berdasarkan tingkat pengalaman.

JOB TITLEENTRY-LEVEL
(0-12 MONTHS)
EARLY CAREER
(1-4 YEARS)
MIDCAREER
(5-9 YEARS)
EXPERIENCED
(10-19 YEARS)
Industrial Engineer$61,120$66,160$77,840$84,150
Process Engineer$65,760$70,930$83,050$90,140
Supply Chain Analyst$56,480$59,590$65,970$66,950
sumber data: Payscale.com

Data di atas itu gambaran pendapatan lulusan Teknik Industri di Amerika. Kalau mau tahu data di Indonesia, silakan lihat link berikut ini atau link yang ini.

Itu tadi 7 alasan singkat kenapa kalian harus kuliah di jurusan Teknik Industri. Semoga semakin menambah wawasan bagi kalian yang masih bingung untuk menentukan pilihan jurusan di perkuliahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!