Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin

Peluang Kerja Teknik Mesin

Setelah sebelumnya kita sudah mengulas prospek kerja lulusan Kriminologi dan Ilmu Komunikasi, kali ini kita akan mengulas peluang dan prospek kerja lulusan Teknik Mesin.

Seorang insinyur mekanik pada dasarnya adalah orang yang memahami bagaimana perangkat mekanik dapat membantu memecahkan masalah. Mereka bekerja untuk membangun dan memperbaiki berbagai perangkat ini. Setelah bekerja di bidang teknik mesin, beberapa profesional mungkin ingin memajukan karir mereka. 

Beberapa di antara mereka dapat mempertimbangkan bidang teknik khusus, seperti mekatronik, ilmu material, atau teknik perminyakan. Sementara sebagian yang lain dapat mengambil peran kepemimpinan sebagai insinyur mesin utama.

Untuk merancang dan membuat sistem mekanik, insinyur mesin harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang mekanika, dinamika, termodinamika, listrik, dan analisis struktural. Mereka juga harus mampu menggunakan komputer, CAD (computer-aided design), dan CAM (computer-aided manufacturing) untuk memproduksi dan menganalisis desain mereka, serta memantau kualitas produk.

Lapangan Kerja Utama Lulusan Teknik Mesin

Industri otomotif dan manufaktur adalah arena paling populer untuk pekerjaan ini, tetapi insinyur mesin bekerja di hampir setiap sektor pekerjaan. Industri tambahan termasuk robotika dan teknologi komputer, perminyakan dan pemurnian, pengembangan sel bahan bakar, dan ilmu termo. 

Jadwal kerja yang khas, pengaturan, dan tugas pekerjaan bervariasi menurut industri. Sebagian besar insinyur mesin bekerja di luar kantor besar dan berkolaborasi dengan ilmuwan, perancang, dan pakar teknologi. Mereka umumnya bekerja penuh waktu dan sering bepergian ke lokasi untuk menguji peralatan atau mencari lokasi untuk proyek masa depan. Mereka sering berinteraksi dengan sistem komputer canggih dan mungkin memiliki tanggung jawab manajerial jika mereka dipekerjakan oleh perusahaan besar atau perusahaan kontraktor.

Berdasarkan data dari Glassdoor, perusahaan seperti Illumina, Johnson & Johnson, Boston Scientific, dan John Deere merupakan sedikit di antara perusahaan teratas yang mempekerjakan insinyur mesin di Amerika Serikat. Itu juga menyebutkan perusahaan teknologi mutakhir seperti Microsoft, Apple, dan SpaceX.

Gaji Lulusan Teknik Mesin

Berdasarkan data dari Payscale.com, rata-rata gaji lulusan Teknik Mesin di Indonesia adalah sebesar 117 juta per tahun. Atau hampir 10 juta per bulan. Tapi meskipun begitu, tidak semua lulusan Teknik Mesin gajianya sebesar itu. Karena gaji itu terkait dengan banyak faktor. Jadi, gelar sarjana bukan satu-satunya penentu besar kecilnya gaji. Maka dari itu, jadikan info di atas hanya sebagai gambaran umum bahwa lulusan Teknik Mesin bisa mendapatkan gaji sebesar itu.

Aktivitas Insinyur Mekanik

Sebagai insinyur mesin, kalian akan memberikan solusi yang efisien untuk pengembangan proses dan produk, mulai dari desain komponen kecil hingga pabrik, mesin, atau kendaraan yang sangat besar. Anda akan mengerjakan semua tahapan produk, mulai dari penelitian dan pengembangan hingga desain dan manufaktur, hingga pemasangan dan commissioning akhir.

Sebagian besar industri bergantung pada bentuk sistem mekanik, dan teknik mesin dianggap sebagai salah satu disiplin ilmu teknik yang paling beragam. Karena itu, ada peluang kerja di beberapa sektor. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang akan kalian kerjakan jika kalian mendalami bidang ini.

  • Tinjau dokumen teknis untuk merencanakan pekerjaan.
  • Merancang peralatan industri.
  • Mengevaluasi karakteristik peralatan atau sistem.
  • Merancang sistem pengolahan industri.
  • Berunding dengan personel lain untuk menyelesaikan masalah desain atau operasional.
  • Penelitian dan Pengembangan: Meneliti ide dan solusi baru yang memenuhi tuntutan masyarakat atau meningkatkan atau memperluas ide dan solusi lama.
  • Analisis masalah untuk melihat bagaimana perangkat mekanis dapat membantu memecahkan masalah.
  • Desain Produk: Merancang produk mulai dari perangkat biomedis hingga mesin pembakaran internal hingga kendaraan bermotor, motor, dan peralatan hemat bahan bakar.
  • Merancang atau mendesain ulang perangkat mekanis, membuat cetak biru sehingga perangkat dapat dibangun
  • Kembangkan prototipe perangkat dan uji prototipe
  • Manufaktur: Merancang dan membangun mesin yang memproduksi massal produk konsumen. Yang paling penting adalah merancang dan membangun mesin yang meningkatkan efisiensi operasi.
  • Manajemen Sistem: Mengelola operasi sistem besar, seperti fasilitas manufaktur atau pembangkit listrik.
  • Energi: Merencanakan bagaimana energi dibuat, disimpan, dan dipindahkan dalam industri yang menghasilkan dan menyalurkan tenaga listrik, seperti gas alam, minyak, dan energi alternatif.
  • Di sebagian besar area ini, tujuan insinyur mesin adalah untuk memanfaatkan atau menciptakan energi di mesin seperti boiler, AC, dan peralatan pendingin. Desain produk adalah tentang merancang dan membuat produk nyata, seperti mesin, komputer pribadi, dan mesin pencuci piring.
  • Berunding dengan personel teknis untuk menyiapkan desain atau rencana operasional.
  • Selidiki kegagalan sistem, peralatan, atau produk.
  • Merekomendasikan perubahan desain atau proses teknis untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, atau kinerja.
  • Kegiatan produksi industri langsung.
  • Kegiatan pemeliharaan atau perbaikan peralatan langsung.
  • Mengevaluasi rencana atau spesifikasi untuk menentukan implikasi teknologi atau lingkungan.
  • Menganalisis informasi desain atau persyaratan untuk peralatan atau sistem mekanis.
  • Menyiapkan dokumen proposal.
  • Memperkirakan biaya operasional.
  • Mendokumentasikan detail desain teknis.
  • Meneliti proses atau operasi industri.
  • Tentukan metode operasional.
Baca Juga  Jurusan Kedokteran yang Sepi Peminat di SNMPTN

Pekerjaan yang Terkait dengan Teknik Mesin

Insinyur Mekanik

Insinyur Mekanik merupakan prospek kerja paling umum bagi lulusan Teknik Mesin. Insinyur mekanik adalah penemu kreatif yang berspesialisasi dalam mengembangkan, merancang, dan menyempurnakan perangkat mekanis. 

Para profesional ini bekerja untuk membuat objek mekanis baru seperti mesin, suku cadang otomotif, generator listrik, AC, peralatan, sensor, dan item terkait. Ini bisa menjadi pilihan karir ideal kalian jika kalian menyukai matematika dan sains dan kalian menemukan teknologi baru yang menarik.

Insinyur Industri 

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Teknik Mesin adalah sebagai insinyur industri. Tujuan utama dari hari kerja seorang insinyur industri adalah memaksimalkan efisiensi. Beberapa insinyur industri menerapkan keahlian matematika dan teknik mesin mereka untuk memecahkan masalah yang muncul dalam produksi atau pembuatan produk. Yang lain bekerja di ceruk seperti perawatan kesehatan atau transportasi untuk meningkatkan efisiensi dalam alur kerja organisasi perekrutan mereka.

Jika jalur karir ini menarik bagi kalian, penting untuk mendapatkan gelar sarjana kalian. Teknik mesin adalah pilihan jurusan yang baik untuk jalur karir ini, meskipun kalian dapat mempertimbangkan teknik industri sebagai alternatif.

Insinyur Otomotif

Bidang otomotif merupakan salah satu bidang yang paling umum bagi lulusan Teknik Mesin. Karena otomotif sangat berkaitan dengan mesin. Maka dari itu, insinyur otomotif adalah salah satu prospek kerja yang sangat staretgis bagi lulusan Teknik Mesin. Ada kemungkinan tak terbatas cara untuk meningkatkan teknologi otomotif yang ada. Jika kalian tertarik untuk mengembangkan teknologi keselamatan otomotif baru, suku cadang mobil baru, mesin yang lebih hemat bahan bakar, atau inovasi lainnya, ada baiknya mempertimbangkan karier sebagai insinyur otomotif.

Insinyur Biomedis

Jika kalian tidak dapat memutuskan antara karir di bidang perawatan kesehatan atau karir di bidang teknik, karir sebagai insinyur biomedis adalah solusi yang pas. Insinyur biomedis pada dasarnya adalah gabungan antara dua bidang. Insinyur biomedis berada di balik inovasi medis seperti kaki palsu. Untuk berhasil dengan karir ini, kalian akan menggunakan metode rekayasa untuk membuat perangkat medis baru, perangkat lunak atau teknologi terkait untuk digunakan di sektor perawatan kesehatan.

Manajer Insinyur Mekanik

Beberapa insinyur mesin akan memajukan karir mereka ke dalam peran kepemimpinan, mungkin sebagai manajer insinyur mekanik. Para profesional ini bertanggung jawab atas pengelolaan peralatan produksi perusahaan. Mereka bekerja dengan manajemen atas untuk membuat rencana perbaikan proses produksi ini. Mereka mengawasi kinerja insinyur mesin lainnya di staf mereka.

Insinyur mekanik utama harus memastikan bahwa semua tindakan pencegahan keselamatan diikuti. Mereka mungkin bertanggung jawab untuk memelihara inventaris suku cadang yang diperlukan untuk perbaikan. Insinyur mekanik utama membutuhkan minimal gelar sarjana dan pengalaman yang luas di lapangan. Namun, gelar master dalam manajemen teknik atau arsitektur dapat memberikan kandidat keunggulan di pasar kerja.

Insinyur Mekatronika

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan Teknik Mesin adalah sebagai Insinyur Mekatronika. Sebagai Insinyur Mekatronika, ulusan Teknik Mesin harus bekerja dengan teknologi yang kompleks untuk melakukan fungsi pekerjaan mereka. Salah satu bidang spesialisasi dalam teknik mesin yang harus dipelajari oleh mereka yang mengembangkan karir adalah teknik mekatronik. 

Mekatronika adalah jenis teknik yang menggabungkan aspek mekanik, listrik, dan teknik komputer untuk membangun mesin yang kompleks dan cerdas. Mesin ini dapat digunakan di berbagai industri, mulai dari kedokteran hingga robotika. Biasanya, insinyur mekatronik memiliki gelar sarjana di bidang teknik yang berfokus pada teknik mesin atau listrik, dan telah memperoleh pengalaman di bidang mekatronik.

Baca Juga  7 Tanda Kamu Cocok Kuliah di Jurusan Manajemen

Insinyur Sistem Pemanas dan Pendingin

Rekayasa panas, juga dikenal sebagai perpindahan panas atau ilmu termal, adalah spesialisasi akademik teknik mesin. Insinyur sistem pemanas dan pendingin mengembangkan sistem lingkungan (sistem yang menjaga suhu dan kelembapan dalam batas tertentu) untuk pesawat terbang, kereta api, mobil, ruang komputer, dan sekolah. 

Mereka merancang alat kontrol pengujian serta peralatan, dan mengembangkan prosedur untuk menguji produk. Mereka juga menghitung kehilangan energi untuk bangunan, menggunakan peralatan seperti komputer, analisa pembakaran, atau pengukur tekanan.

Insinyur Robotika

Insinyur robotika adalah perancang di belakang layar, yang bertanggung jawab untuk menciptakan robot dan sistem robot yang mampu melakukan tugas yang tidak dapat atau tidak dapat diselesaikan oleh manusia.

Insinyur robotika akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka merancang rencana yang diperlukan untuk membangun robot, dan juga akan merancang proses yang diperlukan agar robot dapat berjalan dengan benar. Melalui kreasi mereka, seorang insinyur robotika membantu membuat pekerjaan lebih aman, lebih mudah, dan lebih efisien, terutama di industri manufaktur.

Ilmuwan Material

Beberapa insinyur mesin mungkin ingin bekerja di bidang di mana berbagai jenis ilmuwan dan insinyur berkolaborasi untuk membuat penemuan baru. Ilmu material adalah bidang yang membutuhkan insinyur, ahli kimia, fisikawan, dan ilmuwan lainnya. 

Tim ini bekerja sama untuk menyesuaikan berbagai bahan, seperti kain, logam, dan keramik, untuk keperluan industri tertentu. Ilmuwan material memulai karir mereka dengan gelar sarjana di salah satu disiplin ilmu yang terdiri dari ilmu material, namun, ketika mereka menjadi lebih terspesialisasi, gelar master akan membantu kemajuan ilmuwan material.

Insinyur Perminyakan

Insinyur mekanik harus memahami sifat-sifat cairan. Mereka yang berencana untuk berspesialisasi dapat mempertimbangkan teknik perminyakan. Insinyur perminyakan fokus pada cara mengekstrak minyak dan gas untuk mendukung permintaan kami akan zat ini. Permintaan akan produk harus diimbangi dengan kepedulian terhadap lingkungan. 

Insinyur perminyakan biasanya fokus pada satu aspek dari proses ekstraksi minyak. Beberapa insinyur perminyakan fokus pada cara dan tempat terbaik untuk mengebor dan beberapa memeriksa produksi, sementara yang lain mempelajari reservoir minyak. Teknik mesin memberikan dasar untuk menjadi insinyur perminyakan. Untuk pindah ke bidang ini, studi lebih lanjut di tingkat master diperlukan.

Insinyur Kelautan

Seorang insinyur kelautan bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara peralatan laut. Mereka memelihara mekanika propulsi, sistem bahan bakar, penyulingan air, dan sistem pembangkit listrik. kalian akan sering menemukan para profesional ini bekerja di kapal dan rig minyak.

Peran mereka sehari-hari berkisar pada mendiagnosis masalah teknis, melakukan tes, dan menulis laporan teknis. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur kelautan, kalian memerlukan gelar sarjana di bidang teknik kelautan atau yang setara. Seperti halnya jurusan Teknik Mesin. 

Tips untuk Mendapatkan Pekerjaan di Teknik Mesin

Bergabunglah dengan program terakreditasi

Jika kalian ingin mempermudah pencarian kerja, daftarlah di program yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi untuk Rekayasa dan Teknologi (ABET). ABET adalah organisasi nirlaba yang memastikan program pendidikan pasca sekolah menengah di bidang teknik, komputasi, dan ilmu alam mematuhi stkalianr pendidikan tinggi.

Dapatkan sertifikasi

Ada banyak organisasi yang menawarkan ujian sertifikasi profesional untuk insinyur mesin. Carilah sertifikasi dari Association of Energy Engineers (AEE), dan Engineering Management Certification International (EMCI), untuk beberapa nama. Mendapatkan pendidikan tambahan dan sertifikasi memberikan jalan langsung menuju resume yang lebih kompetitif.

Manfaatkan peluang jaringan dan berpartisipasi aktif dalam organisasi profesional

Kiat tambahan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur mesin termasuk memulai jaringan profesional sebelum lulus, mengejar sertifikasi tambahan yang memverifikasi keterampilan yang dapat ditransfer, dan mencari peluang pendidikan berkelanjutan setelah lulus. Banyak program teknik mesin menawarkan inisiatif pengembangan karir, seperti halnya organisasi profesional seperti yang tercantum di bawah ini. Program-program ini adalah cara yang bagus untuk memulai karir teknik kalian.

About the Author

2 thoughts on “Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these