Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Jurusan Kriminologi merupakan salah satu jurusan yang masih tergolong baru di Indonesia. Salah satu kampus yang memiliki jurusan Kriminologi adalah Universitas Indonesia. Meskipun demikian, peminat jurusan yang satu ini tergolong banyak untuk ukuran jurusan baru. Apalgi ditambah dengan semakin banyaknya acara TV atau serial yang mengangkat tema detektif. Acara televisi populer seperti “CSI,” “Criminal Minds,” dan “Law & Order” membantu menginspirasi siswa untuk mengejar gelar dalam kriminologi.

Pendekatan terhadap kejahatan ini mempelajarinya sebagai fenomena sosial dan dengan demikian menjadi masalah sosial. Mahasiswa dan profesional di lapangan meneliti semua aspek kejahatan dan dampaknya terhadap masyarakat secara keseluruhan. Mendapatkan gelar dalam kriminologi dapat membuka pintu ke sejumlah karir yang menarik dan bermanfaat. Pekerjaan di bidang kriminologi dan peradilan pidana menawarkan keamanan bersama dengan perawatan kesehatan dan manfaat pensiun yang sangat baik.‚Äč

Kriminologi adalah campuran psikologi dan sosiologi, diterapkan pada pemeriksaan kejahatan dan pola kejahatan. Di jurusan Kriminologi, kalian akan menjelajahi mengapa orang melakukan pelanggaran, pencegahan kejahatan, dan bagaimana media membentuk pemahaman kita tentang kejahatan saat mempelajari gelar Kriminologi.

Selain itu kalian juga akan diajarkan keterampilan komunikasi dan berpikir kritis yang dapat mengarah pada sejumlah peran di masa depan. Berikut adalah beberapa di antara prospek kerja lulusan jurusan Kriminologi.

Kriminolog

Kriminolog merupakan salah satu prospek paling umum bagi lulusan jurusan Kriminologi. Secara umum, tugas seorang kriminolog adalah mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif dan kuantitatif tentang aktivitas kriminal. Mereka bekerja dengan kepolisian dan pembuat kebijakan pemerintah, berbagi wawasan mereka tentang pencegahan kejahatan dan profil kriminal.

Selain itu, Kriminolog juga bertugas untuk membantu menginformasikan kebijakan publik yang berkaitan dengan kejahatan dan pencegahannya. Dengan gelar kriminologi, kalian akan memenuhi syarat untuk bekerja di berbagai lingkungan sebagai kriminolog, termasuk badan legislatif, universitas, departemen kepolisian, dan banyak lagi.

Psikolog Forensik

Psikologi forensik adalah cabang dari ilmu psikologi yang menilai dan mengevaluasi penjahat dan orang lain dalam lingkungan hukum. Seorang psikolog forensik bertugas untuk melakukan penelitian dalam perilaku kriminal untuk memahami motif di balik kejahatan.

Baca Juga  Investasi Melalui Blog? Mengapa Tidak.

Sebagai psikolog forensik, kalian dapat bekerja dengan polisi dalam mewawancarai dan menginterogasi tersangka dan menerapkan pengetahuan yang kalian miliki tentang psikologi manusia dan keterampilan analitis untuk mencari tahu mengapa kejahatan dilakukan. Dengan gelar ahli kriminologi, kalian dapat memegang berbagai jabatan seperti profiler kriminal, penyelidik, psikolog penjara, dan banyak lagi

Detektif

Prospek kerja selanjutnya bagi lulusan jurusan Kriminologi adalah sebagai detektif. Sebagai detektif, kalian nantinya akan bekerja di berbagai bidang, mulai dari departemen investigasi kriminal (CID) hingga penipuan, siber, atau regu narkoba. Mereka mengelola penyelidikan dan petugas polisi dalam mengumpulkan bukti.

Dengan bekal keilmuan kriminologi, kalian akan sangat cocok untuk melakukan deduksi atas tindak krimimal dan membantu polisi dalam menangkap pelakunya.

Polisi

Prospek kerja lulusan Kriminologi selanjutnya adalah sebagai polisi. Yang mana tugasnya adalah bekerja dengan masyarakat setempat untuk menjaga keamanan masyarakat, mencegah kejahatan, dan menjaga perdamaian. Selain itu, tugas polisi juga melakukan penyelidikan, mewawancarai tersangka dan mengumpulkan bukti.

Dengan bekal ilmu kriminologi yang kalian miliki, kalian akan sangat terbantu dalam mengidentifikasi penjahat dan membantu pencegahan. Selain itu, kebanggaan dalam membantu orang lain dan menjaga keamanan area lokal kalian akan membuat pekerjaan kalian sebagai petugas hukum terasa bermakna dan bermanfaat.

Ahli Forensik

Petugas TKP atau ahli forensik merupakan seorang yang bertugas untuk mengumpulkan bukti forensik dan fotografi dari TKP. Pekerjaan ini sangat ideal bagi mereka yang telah melakukan gelar kehormatan bersama yang mencakup ilmu forensik. Bahkan jika kalian baru saja mempelajari Kriminologi, kalian masih dapat pindah ke bidang ini dengan melakukan studi lebih lanjut atau pelatihan kerja.

Sebagai ahli forensik, kalian akan diposisikan sebagai seorang pemecah masalah. Dan itu akan memberikan rasa kebanggan tersendiri. Karena kalian turut memiliki andil dalam menangkap penjahat dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman.

Petugas Penjara

Petugas penjara bertanggung jawab untuk mengawasi pelanggar, termasuk mereka yang berbahaya dan/atau rentan di penjara. Sebagai seorang petugas penjara, kalian akan berhubungan langsung dengan tahanan. Selain itu, kalian juga berperan dalam proses rehabilitasi pelaku kriminal.

Baca Juga  Suka Duka Bekerja Secara Remote

Sebagai seorang ahli kriminologi, ilmu kalian nantinya akan sangat membantu untuk membantu rehabilitasi para pelaku kriminal. Mendapatkan kesempatan untuk membantu pelanggar hukum sekaligus mengubah hidup mereka akan membawa perasaan bahagia yang luar bisa.

Pekerja Sosial

Prospek kerja lulusan Kriminologi selanjutnya adalah sebagai pekerja sosial. Sebagai seorang pekerja sosial, tugas utama kalaian adalah memberikan dukungan kesehatan mental bagi pelaku penyalahgunaan obat, alkohol, maupun kepada tunawisma. Selain itu kalian juga bertugas untuk membantu mereka mendapatkan dukungan medis, keuangan, maupun tempat tinggal yang mereka butuhkan.

Sebagai seorang pekerja sosial, kalain akan lebih banyak menggunakan aspek sosiologis dan psikologis dari ilmu kriminologi yang kalian miliki. Selain itu, kalian juga perlu membangun pengetahuan dan empati Anda untuk bisa bekerja lebih maksimal sebagai seorang pekerja sosial.

Peneliti

Selain bekerja di lapangan secara langsung, sebagai lulusan kriminologi kalian juga bisa menjadi seorang peneliti. Untuk bisa menjadi seorang peneliti, jalan yang paling umum adalah dengan mengambil pendidikan di jenjang S2 untuk kemudian daftar jadi dosen. Karena menjadi seorang peneliti itu butuh biaya yang tidak sedikit, maka dari itu, jalan paling mudah adalah dengan menjadi dosen.

Karena ada banyak sekali dana penelitian yang pemerintah alokasikan bagi para dosen. Sebagai seorang peneliti, kalian akan berkesempatan untuk bertemu dengan para ahli kriminologi dari seluruh penjuru dunia. Dan bisa berkesempatan untuk saling bertukar ilmu dengan mereka melalui berbagai macam forum diskuski ilmiah maupun kuliah.

Ahli Forensik Digital

Jika kalian memiliki keahlian di bidang TI, kalian akan sangat cocok untuk bekerja sebagai ahli forensik digital. Karena dengan bekal ilmu krimonologi dan keahlian di bidang teknologi, kalian akan sangat tepat untuk bekerja sebagai pengungkap kejahatan dunia maya.

Karena ancaman keamanan siber adalah masalah yang berkembang di seluruh dunia. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi internet dan sosial media. Maka jumlah kejahatan digital pun akan semakin meningkat setiap tahunnya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!